Tuesday 21 October 2008

Value investing : Apa itu?

Bila anda pernah berinvestasi di bursa atau pernah membaca mengenai investasi di bursa mungkin anda pernah mendengar istilah value investing. Sebenarnya apa yang disebut dengan value investing? Sebenarnya value investing adalah salah satu dari berbagai macam pendekatan untuk berinvestasi. Kalau mau kita artikan secara sederhana value investing adalah pendekatan investasi dimana seorang investor percaya bahwa aset yang dia beli mempunyai nilai yang lebih daripada harga ketika ia membeli aset tersebut.


Mungkin sebuah analogi dapat memperjelas definisi sederhana diatas :

Katakanlah seorang pedagang bernama Budi membeli seekor ayam dengan harga Rp15,000 per ekor (jujur saja, saya tidak tahu berapa kira2 pasaran harga ayam sekarang). Saat Budi membeli ayam tersebut Budi berkata pada dirinya sendiri sambil tersenyum senang : "Wah, ini harga yang murah! Seharusnya harga ayam ini Rp20,000! Pasti saya untung nih! "


Nah, dari analogi sederhana diatas mungkin kita bisa mengambil kesimpulan :

1. Harga (Price) berbeda dengan Nilai (Value). Harga ayam yang dibeli Budi adalah Rp15,000 dan nilai ayam tersebut menurut Budi adalah Rp20,000.

2. Selisih antara harga dan nilai adalah potensi keuntungan Si Budi sebesar Rp5,000.

3. Nilai (value) adalah sesuatu yang relatif. Nilai ayam Rp20,000 adalah pendapat dari Budi berdasarkan pengamatannya sendiri.


Mungkin ada yang bertanya-tanya : Kalau value dari suatu aset adalah relatif, bagaimana kita bisa tahu kalau kita membeli aset dengan harga yang lebih rendah dari nilai aset tersebut?


Memang benar bahwa kita tidak akan pernah tahu berapa sebenarnya value yang persis dari suatu aset apakah itu saham,obligasi,real estate atau seekor ayam. Namun dengan teknik tertentu kita bisa membuat educated guess berapa value dari aset tersebut. Secara prinsip para value investor berinvestasi dengan paradigma yang sama dengan seekor pedagang ayam bernama Budi. Hanya mungkin teknik analisisnya saja yang berbeda. Secara prinsip tidak ada bedanya pendekatan investasi yang dilakukan oleh investor sekaliber Warren Buffet (salah satu punggawa value investing dan orang terkaya di dunia) dan Si Budi pedagang ayam.

Links di bawah ini mungkin berguna jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai value investing :
http://www.investopedia.com/university/stockpicking/stockpicking3.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Value_investing




No comments: